lagu nasional indonesia riwayatmu kini

Standard

 

dulu waktu kita masih sekolah dasar pasti setiap pelajaran seni, bapak ibu guru kita mengajarkan kita bagaimana cara menyanyikan lagu – lagu nasional, mulai dari ibu pertiwi, tanah airku, indonesia pusaka, sampai hari kemerdekaan. saya juga masih ingat atmosfir kelas bagaimana meriahnya ketika menyanyikan lagu – lagu nasional meskipun sudah diulang puluhan kali tetap tidak bosan, dulu kami sewaktu kecil hanya mengenal lagu anak – anak, lagu daerah dan lagu nasional. sepanjang perjalanan pulang sekolah kami selalu berdendang menyanyikan lagu tersebut, apalagi ketika kami bersenandungkan lagu nasional, rasa lelah setelah seharian menguras otak untuk menuntut ilmu hilang, yang ada kegembiraan betapa bangganya kami anak – anak indonesia memiliki lagu nasional yang bagus dan indah liriknya. waktu itu lagu favorite kami ya HARI KEMERDEKAAN, bersama kira – kira 10 kawan lainnya melantunkan lagu karya – karya para musisi bangsa yang handal, tapi selain HARI KEMERDEKAAN lagu favorite saya adalah TANAH AIRKU rasanya tidak perlu bertanya lagi kenapa saya suka lagu ini, karena sudah saya ceritakan pada postingan yang lalu.

beranjak jaman berubah, ironisnya anak -anak indonesia jarang sekali yang melantunkan lagu – lagu yang sesuai untuk mereka, tak sedikit dari mereka yang hapal banyak lagu – lagu nasional (walaupun saya juga tidak menguasai semua) kebanyakan mereka hanya bisa melantunkan lagu – lagu orang dewasa, saya sendiri mempunyai adik kecil yang seperti itu juga, mungkin karena kondisi lingkungan serta tontonan. jarang sekali acara – acara televisi yang menyajikan lagu – lagu daerah atau lagu – lagu nasional, namun yang sekarang menjamur adalah acara musik populer dengan beribu – ribu band, grup vocal, dan solo pendatang baru. semua orang hanya dicekoki dengan acara tersebut setiap hari. seakan – akan orang lupa bahwa kita punya lagu – lagu nasional.

dapat dihitung bagi kebanyakan orang, terutama anak – anak mereka mendengarkan lagu – lagu nasional dalam durasi yang panjang mungkin hanya satu tahun sekali pada saat upacara perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, ya memang terlihat ironis bahkan lagu – lagu nasional sekarang hanya dapat kita nikmati sebagai sajian penutup program televisi – televisi di Indonesia, yang hanya ditayangkan satu kali itupun di tengah malam, yang jarang orang – orang masih terbangun, kadang saya berpikir apa 10 tahun ke depan masih ada orang yang melantunkan lagu – lagu nasional selain lagu kebangsaan Indonesia Raya???????

 

tapi setidaknya saya beruntung, ternyata di kampus tempat saya mencari ilmu seorang dosen saya masih menyuruh kami untuk melantunkan lagu -lagu daerah dan lagu – lagu nasional tepat sebelum matakuliah dimulai, awalnya saya berpikir ini agak konyol, karena kami bukan anak kecil lagi, tetapi beliau meyakinkan kami bahwa kita HARUS MENUMBUHKAN RASA CINTA KEPADA BANGSA DAN NEGARA salah satunya tetap menyanyikan lagu – lagu nusantara dan nasional sebagai bukti dan tanda bahwa kita masih memliki rasa cinta terhadap bangsa dan nasionalisme sebagai pemuda generasi penerus untuk membangun bangsa yang luhur, (wahhhh terharu…..🙂 )

bagaimana tentang reaksi teman teman saya di kelas? tentu saja kami semua bersuka hati ketika tiba saatnya kami menyanyikan alunan alunan melodi yang indah dari negeri jamrut katulistiwa. dan ada satu hal lagi yang membuat saya terharu adalah pesan singkat dari seorang guru besar  (yang juga merupakan dosen kehormatan di bidang konsentrasi saya) kepada dosen saya, dalam pesan tersebut beliau menitipkan pesan kepada kami untuk selalu bersemangat sebagai pemuda bangsa, nyanyikan lagu -lagu perjuangan agar memperkuat rasa nasionalisme kita sebagai pemuda Indonesia. ya itu yang membuat saya terharu. betapa besar harapan beliau untuk generasi muda seperti kami agar kami suatu saat bisa memimpin bangsa ini dengan pundak yang tangguh, dengan pundak – pundak pemuda yang kuat, bukan hanya dengan pundak mu atau pundak ku saja tapi dengan pundak pemuda Indonesia. mungkin itu makna yang saya tangkap dari pesan beliau.

 

bayangkan saja betapa mujarapnya lagu -lagu nasional dapat membangkitkan semangat para pemuda, lihatlah para atlet Indonesia ketika mereka mencapai puncak tertinggi dan berkumandangnya lagu kebangsaan Indonesia Raya tidak sedikit dari mereka yang meneteskan air mata, ya… air mata itu merupakan suatu ekspresi yang keluar dari rasa nasionalisme yang ada di dalam dada mereka.

semoga sejarah lagu – lagu nasional kita tidak berakhir hanya sebagai lagu penutup program televisi saja tetapi menjadi inspirasi kepada semua elemen bangsa untuk selalu memiliki rasa cinta dan nasionalisme terhadap Indonesia🙂

Leave a Reply

